Image Processing – TensorFLow

  • Berkaitan tentang image processing, dari beberapa sumber yang saya baca baik dari buku, jurnal dan website, mereka cenderung menggunakan Python Language sebagai bahasa pemrograman. Dan bagi para pengguna Mac iOS, Python itu sebenarnya sudah terinstall, jadi kita gak perlu mendownloadnya lagi. But, lebih baik menambahkan fitur virtualenv sebagai virtual environment, jadi walaupun versi Python di upgrade kita tinggal menambahkan beberapa package data yang dibutuhkan saja.
  • CUDA. Bagi kalian yang ingin melakukan proses menggunakan jumlah data yang besar (big data), akan lebih baik menambahkan fitur CUDA dari NVIDIA di GPU komputer. Penggunaan CPU biasa mungkin dapat memakan waktu lama dan kita sulit melakukan operasi tasks lain dalam waktu yang bersamaan. Tapi kalau kita menjalankannya di GPU, waktu yang digunakan mungkin menjadi lebih singkat, sementara kita bisa melakukan tasks lain menggunakan CPU.
  • Image processing memerlukan kapasitas disk yang cukup besar, lebih baik jangan menggunakan laptop dalam menjalankan semua proses dan menyiman data.
  • Bagi yang mau coba tutorial Deep Learning/ Machine Learning, saya sarankan  agar tidak meng-input data terlalu banyak. Dari 3 hari lalu dan sampai sekarang, saya masih menunggu si ‘sistem belajar’, karena menggunakan image data sebanyak 20.000 lembar. (iMac OS X El Capitan, 3 GHz Intel Core i7, Library: Cifar10)
  • Dan di Macbook Pro OS X Yosemite, saya menjalankan prosess DL menggunakan Tensorflow (Google Opensource Library), dan prosessnya hanya memakan waktu sekitar 1 jam saja, dengan data input sebanyak 1200 image data.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s