Lombok, Keindahan di Barat Indonesia

Escaping to Gili

Acara pesta pernikahan mungkin cuma berlangsung satu hari aja, tapi capeknya bukan main, dari atas kepala sampai ujung kaki. Karena gak punya waktu yang cukup panjang untuk berlibur, saya dan suami sepakat untuk menikmati bulan madu kami di dalam negeri saja dulu. We both love beach, nature, and adventure things.. Oleh karena itu, Pulau Bali, Lombok, Ora Beach menempati ‘Top Three’ daftar tempat tujuan honeymoon kami. Dan karena saya pengen banget nyobain snorkeling, akhirnya pilihan kami jatuh ke Lombok. Selain karena pantainya bagus, akses kesana ga terlalu sulit. Yay!

LOMBOKIMG_8027-1024x682.jpg

Ada beberapa pulau kecil (Gili) dengan pantai yang indah. Sebut saja Gili Trawangan, Gili Kedis, Gili Meno, Gili Air, Gili Nanggu, Gili Sundak, dan lainnya. Kali ini kami berkesempatan mengunjungi Gili Trawangan, Kedis, Nanggu, dan melakukan snorkeling dipantai sekeliling pulau.

Paket perjalanan bulan madu ini, kami susun sendiri alias tanpa memakai jasa honeymoon vendor, jadi bisa leluasa mengatur acara dari pagi hingga malamnya. Untuk transportasi, kami menyewa driver yang merangkap tour-guide pribadi selama tiga hari. Dan untuk tempat tujuan wisata, kami melakukan survey ke teman-teman yang sudah pergi ke Lombok, dan juga melakukan pencarian informasi di internet. Kami berangkat dari Palembang di pagi hari menuju Lombok International Airport, dan tiba disana sekitar pukul 2 siang WITA. Perut udah keroncongan minta diisi. Alhasil, kami makan Ayam Taliwang di salah satu restoran sekitar bandara.

ayam-taliwang.jpgAyam Taliwang: ⭐️⭐️⭐️/5

Anyway, siapa sih yang ga kenal mutiara khas Lombok? Setelah selesai santap siang, kami diantar ke salah satu toko mutiara di Lombok. Mutiara Lombok terdiri dari dua jenis, yaitu mutiara air laut dan air tawar. Soal harga, mutiara air laut jauh lebih mahal karena proses pembuatannya yang memakan waktu bertahun-tahun. Kualitas kilau dan bentuk mutiara juga mempengaruhi harga, mulai ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Perhiasan yang ditawarkan juga ada yang dalam bentuk one set, lho! Jadi kita ga perlu sulit mix&match nya dengan yang lain. Intinya, siapin budget spesial deh untuk yang satu ini.

Mutiara Lombok: ⭐️⭐️⭐️⭐️/5

Puas dengan perhiasan mutiara Lombok, kami menuju Sheraton Senggigi Beach Resort, check-in disana dan langsung ke pantai untuk melihat sunsets. Awalnya, kami pikir resort ini memiliki kualitas kamar dan fasilitas terbaik, sebaik “namanya”. Diluar dugaan, ruangan kamar, bathroom, corridornya cukup mengecewakan. I don’t give recommendation for staying at this resort..

 Sheraton Senggigi Beach Resort: ⭐️⭐️/5

Perjalanan hari pertama kami di Lombok ditutup dengan dinner sambil menikmati sunsets di pantai. Btw, jangan lupa pesan hidangan lautnya ya, karena mereka menyediakan seafood yang segar (daging udang, cumi, ikannya manis  banget.)

Tips Perjalanan di Lombok:

  • Bawa perlengkapan renang, sunblock, dan peralatan snorkeling pribadi (kalau punya). Buat kamu yang suka dengan keindahan bawah laut, lebih baik punya alat snorkeling pribadi, karena bisa dipakai di trip selanjutnya.
  • Jaga stamina selama perjalanan. Jangan lupa bawa selalu air minum untuk mencegah dehidrasi. Selain suhu cuaca yang panas, aktivitas seperti bersepeda, snorkeling, dan jalan santai juga dapat membuat kadar air dalam tubuhmu berkurang.
  • Untuk menyebrang antar pulau(Gili) di Lombok bisa menggunakan kapal boat, dengan ongkos relatif murah jika dibandingkan dengan perjalanan darat.
  • Ada beberapa tempat penyewaan go-pro atau kamera kedap air dengan tarif 200k-400k per harinya. Jadi, kamu ga perlu khawatir kalau  mau mengabadikan foto bersama ikan-ikan yang cantik disana!
  • Pasar malam di Lombok sangat ramai, dipenuhi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Sebelum membeli barang, tawar dan tanya dulu dari berbagai sumber. Karena kalau kita pintar menawar, bisa dapat potongan harga, hingga setengahnya lho!
  • Kalau kamu pecinta mutiara, ga ada salahnya penuhi koleksi perhiasanmu dengan membeli mutiara air lautnya Lombok.
  • Ada banyak spots untuk menikmati sunsets di Lombok, cobalah tanya penduduk lokal atau surfing di Internet terlebih dahulu. Keindahan sunsets pun juga dipengaruhi cuaca saat itu, tempat/beach yang terkenal pun mungkin dapat berawan sehingga menutupi proses terbenamnya mentari senja.

 

sign

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s