Rekomendasi Menu Realtime Berdasarkan Situasi Saat Makan

Author : Yuriko Kourai, Yuichiro Otsuka, Tomoo Inoue

Date , and Place of Publication : 2010, at IPSJ SIG Technical Report.

  Thesis kali ini berkaitan dengan sistem rekomendasi menu masakan saat user sedang dalam situasi makan diatas meja secara realtime dengan metode FDT (Future Dining Table). FDT ini adalah suatu metode dimana sistem dapat mengenali gerakan tangan manusia saat mengambil makanan dengan menggunakan sendok/garpu/sumpit dan alat makan lainnya, lalu sistem akan mengambil tindakan berdasarkan riwayat saat user salam kondisi makan. Setelah itu, secara otomatis pada waktu tertentu akan memberikan rekomendasi menu yang baru kepada si usernya.Screenshot 2015-12-07 17.54.10.png

  Sistem menggunakan kamera yang dipasang dan diarahkan keatas meja makan sehingga dapat mengenali jenis menu dan berapa banyak yang tersisa. Oleh karena itu, ketika makanan sudah hampir habis, sistem secara otomatis akan memberi rekomendasi masakan lainnya. Proses selengkapnya akan dijelaskan dibawah ini.

  1. Proses pengenalan gerakan tangan user saat mengambil makanan.
  2. Pengenalan alat makan berupa piring, sendok, sumpit.
  3. Proses menentukan jenis menu apa yang sedang dimakan user.
  4. Penghitungan berapa sisa makanan dalam bentuk persen.
  5. Proses rekomendasi menu baru kepada user.

  Dalam proses penghitungan berapa persen makanan yang tersisa, kamera yang diletakkan diatas akan mengambil gambar menu, lalu diubah dalam bentuk gambar hitam-putih agar dapat dihitung luasnya. Kemudian, menu yang direkomendasikan oleh sistem, akan ditampilkan dalam bentuk gambar makanan lewat proyektor yang juga dipasang dari arah atas, sehingga foto makanan dapat dilihat secara 3-Dimensi di atas meja.

Screenshot 2015-12-07 17.54.24.png Di thesis yang diluncurkan pada tahun 2010 ini, juga melakukan percobaan secara nyata dengan kondisi percobaan sebagai berikut; Kondisi awal makanan dianggap 100% lalu akan berkurang seiring user memakannya. Sisa makanan di piring akan dihitung luasnya, dan saat makanan yang tersisa hampir habis, makan sistem secara otomatis akan menampilkan menu baru sebagai rekomendasi kepada user.

  Misalnya, saat makanan yang tersisa secara keseluruhan adalah 25% kebawah, maka sistem merekomendasikan sup. Lalu jika yang tersisa 5%, maka eskrim vanilla akan direkomendasikan sebagai hidangan penutup. Menarik bukan? Sistem seperti ini sangat membantu terutama di rumah makan. Jadi kita sebagai user, tak perlu repot lagi memanggil pelayan untuk mengorder makanan. Karena sistem akan secara otomatis memberi kita rekomendasi menu selanjutnya. Semoga pengembangan dari FDT sistem ini bisa menjadi lebih baik sehingga dapat diwujudkan secara nyata dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dirangkum dan diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Ghita Athalina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s