Night Illumination in Japan (Part 1)

   Konnichiwa! Salam hangat dari Tokyo, walaupun suhu disini sudah mulai makin rendah seiring pergantian musim, dari Autumn ke Winter. Dedaunan di pohon yang kemarin menguning, kini kian berguguran lalu menyisakan ranting yang gersang. Musim dingin memang memiliki cerita sendiri, dengan indahnya salju yang akan turun menyelimuti tiap sudut kota.

   Memasuki penghujung tahun,  jam malam (waktu gelap) akan menjadi lebih panjang dari waktu siang. Per-1 Desember ini, jam setengah lima sore pun sudah menjadi gelap bagaikan malam. Oleh karena itu, kita dapat menikmati gemerlap dan keindahan dari rangkaian lampu  yang ditata sedemikian rupa, yang dinamakan Night Illumination, lebih lama. Di Jepang, tradisi ini sudah ada sejak dahulu, dan telah menjadi ciri khas yang menunjukkan pergantian ke musim dingin. Selama lima tahun tinggal disini, ada beberapa Illumination Spots yang telah aku kunjungi tiap tahunnya. Dan kali ini, aku akan membuat list “The Best Illumination Spots in Japan”, tentunya versi seorang Ghita.

nabanano

Ropponggi Hills dan Midtown Hills, Tokyo

   Akses menuju Roppongi Hills dapat dicapai dengan jalan kaki sekitar lima menit dari Hibiya Line, Roppongi Station. Atau bisa juga berjalan kaki sekitar sepuluh menit dari Oedo Line, Roppongi Station.

Dari Tokyo Station

15 menit, harga tiket kereta : 170 yen, menggunakan Marunouchi dan Hibiya Subway Lines ke arah Kasumigaseki Station.

Dari Shinjuku Station

10 menit, harga tiket kereta : 220 yen, menggunakan satu jalur  Oedo Subway Line.

   Jadi beberapa tahun lalu aku pernah ke Ropponggi Hills dan Midtown Hills. Keduanya sama bagus, tapi aku lebih suka Ropponggi Hills karena gak perlu antri untuk melihat illumination nya. Sedangkan untuk melihat illumination di Midtown Hills, perlu waktu dua jam mengantri karena jumlah orang yang diperbolehkan masuk sangat terbatas.

Huis Ten Bosch, Nagasaki

     Huis Ten Bosch ini adalah sebuah theme park yang terletak di Sasebo, Nagasaki dan dibangun pada Maret tahun 1992. Konsep taman ini cukup berbeda dari yang lainnya, yaitu seperti taman perkebunan di Negeri Belanda. Selain banyak bunga khas seperti Tulip, terdapat juga beberapa kincir angin. Jadi kalau kamu mau berfoto seolah-olah sedang berplesir ria, tak perlu jauh harus terbang ke Belanda. Cukup di Huis Ten Bosch ini kamu bisa menikmati pemandangan cantik, terutama illumination nya di malam hari.

   Aku sendiri belum pernah mengunjungi Huis Ten Bosch ini, karena lokasinya sangat jauh dari Tokyo, dan harus pergi menggunakan pesawat atau shinkansen sampai Kyushu (Bagian selatan Jepang).

   Taman ini dibuka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga pukul 8:30 malam. Dikenakan harga 5,600JPY (dewasa) dan 4,400JPY(anak-anak) untuk memasuki taman ini seharinya. Lalu kamu bisa menggunakan kereta JR atau bus dari Nagasaki, atau menggunakan perahu boat langsung dari Nagasaki Airport untuk mencapai Huis Ten Bosch ini. Someday, I wish I can see this beautiful scenery with my own eyes..

Yomiuri Land, Tokyo

    Yomiuri Land ini adalah theme park juga yang berada di kawasan Tokyo. Aksesnya cukup mudah, naik menggunakan Keio Line jurusan Hashimoto, lalu berhenti di Keio-Yomiuri Land Mae. Tempatnya sangat menarik dan kalau kesini, kita bisa mencoba berbagai macam wahana tanpa mengantri terlalu lama. Waktu kesini dulu, aku mencoba delapan macam wahana permainan dalam satu hari.

   Di musim dingin, pemandangan malam hari di Yomiuri Land sangatlah indah. Kincir roda, rel jet coaster, serta wahana permainannya didekor dengan lampu sedemikian rupa sehingga sangat gemerlap.

   Tiket masuknya cukup murah jika dibandingkan theme park lainnya. Di Yomiuri Land ini, kamu bisa mencoba atraksi bungee-jumping juga, lho. Lalu ada night ticket bagi kamu yang datang kesini hanya untuk menikmati night illumination.

Tokyo Station, Marunouchi, Tokyo

   Tahun lalu, aku bersama para senior pergi ke Tokyo Station untuk melihat night illumination, yang katanya pertama dan satu-satunya projection mapping di kota Tokyo sendiri. Sebagai informasi, projection mapping merupakan teknik yang menggunakan pencahayan dan cahaya proyeksi sehingga menciptakan ilusi optik pada objek-objek tertentu. Dan kali ini, objek tersebut adalah dinding dari stasiun Tokyo sendiri, yang berwarna merah bata. Projection Mapping ini berlangsung sekitar 45 menit dan terdapat beberapa sesi dalam satu harinya.

   Setelah puas menikmati projection mapping di Tokyo Station, kami berkeliling di sekitarnya dan mendapati pinggiran jalan Marunouchi yang dihias dengan ornamen lampu. Very beautiful, isn’t it? Oh ya, di kawasan Marunouchi terdapat banyak mall-mall besar dan juga merupakan kawasan perkantoran. Sehingga akan menjadi ramai pada petang saat jam pulang kerja. Di mall-mall seperti TOKIA build., KITTE, terdapat beberapa restaurant yang menyajikan hidangan beragam rupa. Mulai dari makanan style Jepang, Western dan Chinese. Tapi sayangnya gak ada restaurant Indonesia, nih..

Nabanano Sato, Nagoya

   Ini dia, Nabanano Sato, Illumination spot yang terkenal di Nagoya. Aku juga belum pernah ke Nabanano Sato ini, tapi berdasarkan ranking the best of Illumination Spots in Japan tiap tahunnya, Nabanano Sato selalu masuk dalam Top 10 kawasan Illumination terbaik di Jepang.

   Nabanano Sato terletak dekat dengan Nagashima Onsen Resort di Mie Prefecture, dan juga dikenal sebagai taman bunga. Namun pada bulan November hingga Mei, Nabanano Sato berubah menjadi taman bunga yang bertabur ribuan lampu yang gemerlap hingga mengundang turis, baik dari Jepang maupun luar negeri di tiap tahunnya. Untuk pergi kesini, kamu harus pergi dulu ke Nagoya, dan kalau dari Tokyo, bisa naik Shinkansen atau pesawat terbang. Selain itu, karena lokasi ini memang tempat untuk tujuan wisata, jangan khawatir kalau soal tempat tinggal! Kamu bisa menemukan penginapan di sekitar stasiun di Nagoya.

(will be continued at part 2..)

– G.A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s