Wisata ke Jepang

    Berbicara tentang tempat dan objek wisata menarik di Jepang memang tak akan ada habisnya. Jepang sendiri merupakan negara yang memiiki banyak nilai tradisi dari leluhur yang masih sampai sekarang. Campuran zaman tradisional dan modern yang menjadikan negara Jepang unik di kawasan Asia, khususnya di kawasan Asia Timur. Bagi para pengunjung mancanegara, Jepang memiliki obyek wisata tertentu yang patut untuk dikunjungi. Banyak sekali tourist spot di Negara Matahari Terbit ini yang memikat hati warga Indonesia untuk berlibur, baik bersama keluarga maupun sahabat. Bahkan belakangan, Jepang menjadi salah satu tujuan bagi mereka yang ingin berbulan madu. Sebut saja penyanyi Andien bersama suaminya yang menghabiskan waktu bulan madu mereka di Jepang.

Exif_JPEG_PICTURE

 Kebanyakan dari orang Indonesia yang berlibur ke Jepang memilih waktu sekitar bulan April awal, dimana bunga sakura sedang bersemi sehingga menjadi pemandangan menarik untuk menjadi latar berfoto. Serta akhir tahun (Desember-Februari), saat musim dingin untuk menikmati salju yang turun. Hal ini dikarenakan Indonesia tidak memiliki empat musim layaknya Jepang, sehingga pergi menikmati sakura saat musim semi, melihat indahnya daun yang menguning di musim gugur, dan menyentuh butiran salju saat musim dingin akan menjadi pengalaman baru bagi turis asal Indonesia.

     Tentu saja momen indah ini tak lengkap rasanya jika hanya dinikmati saat sedang berlibur saja. Mengabadikannya dalam foto, mengupload ke media social merupakan hal yang semua orang Indonesia lakukan saat bepergian. Ketika mengunjungi suatu tempat wisata di Tokyo, misalnya Disneyland, hampir semua para pengunjung yang berasal dari Indonesia memilih untuk berfoto-foto dibanding mengantri naik wahana serta menikmati permainan. Kemudian foto-foto tersebut diunggah ke akun media social dengan tujuan menunjukkannnya ke orang lain. Tak hanya itu, ketika bepergian ke kawasan Gunung Fuji misalnya, saat menikmati pemandangan daun yang berubah warna saat musim gugur, para turis lebih memilih meminta difoto dengan latar belakang pohon, dibanding mengambil gambar pemandangan itu sendiri.

96161376_1bd4f16afc_o

    Budaya ini membuat para turis yang datang ke Jepang selalu membawa Selfie Stick sehingga mereka dapat berfoto kapanpun dan dimanapun. Di Indonesia, Selfie Stick termasuk barang yang sedang ‘booming’ di kawasan anak muda. Hampir semua orang memilikinya karena penjualannya dapat dijumpai dimana saja, baik dari online shopping, ataupun di toko kamera.

  Namun penggunaan Selfie Stick sendiri di beberapa tempat, seperti Tokyo DisneyLand dan DisneySea, telah dilarang, hal ini dikarenakan cukup banyak para wisatawan lain yang merasa terganggu ataupun terhalangi jika disekitarnya banyak yang menggunakan Selfie Stick ini. Disney sebenarnya telah mencoba memperbolehkan penggunaan Selfie Stick bagi para pengunjung, tapi tidak saat naik ke wahana permainan. Namun, aturan itu terus dilanggar oleh para pengunjung. Mereka tetap menggunakan Selfie Stick saat naik ke wahana permainan, termasuk saat naik roller coaster.

5a6140b19aac308650c716c29ad58fd3

   Selain itu, tak sedikit pula wisatawan Indonesia yang mengalungi kamera SLR di lehernya layaknya fotografer sungguhan saat mengunjungi kawasan wisata. Walaupun kamera SLR sendiri tergolong cukup mahal, namun banyak orang Indonesia yang rela merogoh kocek dalam demi membeli kamera jenis ini. Padahal fungsinya hanya untuk mengambil gambar lalu di share saja, bukan untuk menunjang professi layaknya seorang fotografer. Para turis juga kerap membeli kamera dan perlengkapannya di Jepang karena selisih harga yang lebih murah jika dibandingkan membeli kamera dengan jenis yang sama di Indonesia. Wah, intinya wisata ke Jepang memang kurang lengkap ya kalau tanpa berfoto-foto ria!

– G.A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s