Happy fasting day!

Happy fasting! Alhamdulillah tahun ini masih diberi kesempatan untuk berpuasa lagi, walaupun masih merantau di negeri orang. Ini tahun ke 4 aku puasa di Jepang, dan gak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bulan puasa kali ini juga bertepatan di musim panas.

Puasa di musim panas memang terbilang berat, karena matahari disini terangnya lebih lama, jadi waktu berbuka pun bergeser mundur. Imsak disini jam setengah 3 pagi dan baru berbuka sekitar jam 7 malam. Biasanya aku disini makan dulu sekitar jam 1 malam baru kemudian tidur setelah subuh. Karena kalau tidur duluan, dijamin gak akan sempat untuk yang namanya sahur (a.k.a ketiduran dan lebih betah di kasur dibanding makan, lol). Belum lagi suhu saat musim panas di Jepang lebih panas dibandingkan Indonesia. Contohnya 2 hari ini, suhu diluar tergolong cukup tinggi, yaitu 35 derajat Celcius (lumayan bisa bikin keringat mengalir).

Di Jepang, mereka gak mengenal yang namanya puasa, tapi mereka punya rasa toleransi terhadap yang sedang puasa. Waktu memasuki awal bulan Ramadhan, mereka tanya puasa itu fungsinya buat apa, terus apa ga capek atau kehausan saat puasa. Dan lucunya mereka kaget takjub waktu aku bilang kalau saat puasa kita wajib menahan lapar dan haus dari sebelum fajar hingga mataharin terbenam, dan dijalankan selama 1 bulan. “Loh kok bisa? Heeeee… “ (dengan logat Japanese. lol)  Dan rata-rata dari mereka akan jawab gini: “Hebat ya, kalau aku pasti ga bisa ngejalaninnya, walaupun cuma 1 hari aja”. (Belum dicoba padahal tapi udah pada nyerah gini. Haihh..)

Btw puasa tahun ini aku ga sendirian. Minggu lalu mama datang kesini buat nemenin aku puasa sampai nanti lebaran. (Horee) Mama kesini sabtu lalu sampai nanti tanggal 25 Juli, walaupun aku tetap beraktivitas seperti biasa. Belum sempat jalan-jalan keluar karena memang sekarang masih sibuk penelitian, coding, dan tugas yang harus dikerjakan tiap hari. Mungkin nanti minggu depan bakal ambil libur (ehm. bolos), demi ajak mama ke Disneysea, cihuy! Lucky to have my mom here, selain karena dimasakin makanan yang enak-enak, ada temen buat ngobrol juga disini, hehe. Thanks mom xx.

 

-G.A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s