New Chapter

1 April 2015. Aku kembali lagi ke Jepang untuk melanjutkan program Master, melanjutkan studi-ku di salah satu Universitas di Jepang, University of Electronics and Communication dengan jurusan Sistem Media Informasi.

Tidak jauh berbeda dengan jurusanku saat S1 lalu Electronics and Information Systems, tapi kali ini lebih difokuskan tentang hubungan antar pengguna (user) yang dititikberatkan pada manusia dan media, yang dapat dikatakan sistem mesin atau robot. Penelitianku dulu lebih terfokus pada internet security system, pemecahan coding dan pencegahan penyadapan, serta pengolahan bit pada gambar.

Kali ini penelitianku terfokus pada penggunaan AI (Artificial Intelligence). Sedikit penjelasan,  AI adalah kecerdasan buatan, dimana kita sebagai pencipta (programmer), mendesain sebuah mesin cerdas (aplikasi, robot) yang bisa “berfikir” layaknya manusia pada umumnya.

Tujuan penelitianku adalah membuat aplikasi Car-Navi dimana sistem dapat membedakan user, kebiasaan dan sifatnya sebagai input, serta pengambilan data real-time yang didapat dari satelit dan pemancar terdekat. Sehingga dalam menampilkan output pada layar, kemungkinan akan memberi jawaban berbeda jika user berbeda. Disini penggunaan AI adalah dimasa sistem tersebut dapat membedakan pengemudi tanpa harus kita masukkan data manual sebagai input. Jadi..begitulah kira-kira mengenai studiku sekarang. Sibuk antara mata kuliah umum dan project penelitian.

Mungkin kalau ada pertanyaan kenapa pindah “aliran” tentang penelitian, yang dulunya tentang internet security system berubah ke AI. Jawabanku begini: Dulu, aku tergila-gila dengan yang namanya teknologi robot, dan keamanan data. Tapi setelah aku belajar, dan paham, masih banyak hal yang berhubungan tentang sistem informasi dan elektronik yang belum kupahami. Aku, lebih memilih untuk belajar hal secara luas, mengetahui ilmu seluas mungkin, bukan menitik-beratkan pada satu ilmu dan mempelajarinya secara dalam. Mungkin tujuanku belum kesana, karena dalam proses pembelajaran, aku memilih untuk mengetahui dulu semuanya sebelum menentukan apa yang harus kudalami. But now, I know what things that I want to learn about.. dan semoga proses mencari ilmu ini berjalan dengan baik. Amin ya Allah.

あと2年、頑張ろう!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s