Moved On

 Kita tidak bisa merubah masa lalu, karena hal yang sudah terjadi tidak bisa diputar kembali untuk diperbaiki. Tapi kita bisa menjadikan itu sebagai pembelajaran untuk melangkah lebih baik lagi kedepan.

 ‘Move on’. Adalah satu kata yang memiliki berbagai macam makna. Tapi bagiku, move on bisa berarti bahwa kita sudah mengikhlaskan kejadian di masa lalu, dan mengangkat wajah untuk menatap, serta sepasang kaki yang siap melangkah ke depan. Ya, kata kuncinya adalah: Ikhlas.tumblr_ltiqiwx6QP1qbsq7wo1_1280

 Kita tidak harus membenci seseorang, ataupun menjadikan orang lain musuh, walaupun sesakit apapun hati kita atas perbuatannya. Karena dengan membenci, hati kita akan merasa lebih sakit dan waktu memikirkan hal tersebut pun terbuang sia-sia. Bandingkan jika kita melakukan kegiatan positif, serta tidak mengungkit hal lama, pastinya hidup akan terasa lebih bermanfaat bukan?

 Lalu, kata Ikhlas bukan berarti melupakan. Karena jika kita melupakan suatu peristiwa, walaupun itu tidak mengenakkan di hati, kita tidak akan pernah mendapatkan pembelajaran dan hikmahnya. Cobalah dengan ikhlas, kita mulai dari intropeksi kesalahan diri, karena tidak mungkin ada asap tanpa ada api. Lalu mencoba memperbaiki kesalahan dan tidak mengulangnya lagi. Serta tidak menyalahkan orang lain dan memberi maaf kepadanya.

 Ini memang susah dilakukan. Tapi percayalah, jika kita bisa melampaui ini semua, kaki kita akan lebih ringan untuk melangkah ke depan.

 Karena terlalu banyak hal indah akan terbuang sia-sia, karena kita terlalu sibuk membenci, dan menutup diri dengan hal yang baru. Bukalah kedua mata, dan berpikirlah secara positif, karena akan banyak kesempatan baru yang datang jika kita mau membuka lembaran baru lagi.

-April 04, 2015. 調布

-G.A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s